Ini Dia 5 Tips Saat Mengukus Kue

tips mengukus kue

Mengukus kue mungkin terlihat lebih gampang ya mom & sis bila dibandingkan dengan memanggangnya. Terlebih lagi, di Indonesia ada banyak pula jenis kue yang bisa kamu buat dengan cara mengukusnya. Tapi perlu diperhatikan ya, agar kuemu dapat matang sempurna ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan saat mengukus kue. 

Sesuaikan ukuran panci

Teknik mengukus sejatinya memanfaatkan uap air yang panas sebagai media untuk mematangkan makanan. Agar kue matang sempurna, tentunya sirkulasi uap panas pun harus dapat dengan lancar bergerak bebas. Oleh karena itu, pilih panci/dandang yang sesuai besaran kapasitasnya dengan kuantitas kue yang akan kamu kukus agar dapat matang sempurna.

Tips Mengukus Kue - Panci Kukus - [ via freepik.com ]
Tips Mengukus Kue – Panci Kukus – [ via freepik.com ]
Didihkan air dalam panci terlebih dahulu

Sebelum meletakan loyang adonan kue kamu dalam panci/dandang, didihkan air di dalamnya terlebih dahulu ya. Mendidihkan air terlebih dahulu dapat menciptakan uap panas yang konstan dalam panci sehingga kue dapat mengembang dengan lebih baik saat dikukus.

Tips Mengukus Kue - Kukusan bambu - [ via freepik.com ]
Tips Mengukus Kue – Kukusan bambu – [ via freepik.com ]
Pastikan air dalam kukusan cukup

Saat mengukus, air yang terus-terusan dididihkan dalam panci lama-lama akan menyusut dan uap air akan semakin menipis bahkan habis. Bila sampai air dalam kukusan kering, hal ini dapat merusak tekstur dari kue yang sedang kamu kukus. Oleh karena itu pastikan air dalam kukusanmu cukup hingga waktu kue matang untuk diangkat. 

Tips Mengukus Kue - Bolu kukus - [ via freepik.com ]
Tips Mengukus Kue – Bolu kukus – [ via freepik.com ]
Bungkus tutup panci/dandang

Saat mengukus, uap air yang naik biasanya akan menempel pada tutup panci dan terakumulasi menjadi butiran-butiran air yang akan menetes pada kue yang sedang kamu masak. Ini dapat mengakibatkan kue kamu terlalu basah atau bahkan hancur. Oleh karena itu, bungkus tutup pancimu terlebih dahulu dengan kain atau lap dapur yang bersih. Ini dapat meminimalisir risiko menetesnya uap air yang terkumpul pada tutup panci pada kue.

  pondan brownies kukus

Bagaimana mom & sis, langkah-langkah di atas cukup mudah untuk diikuti bukan? Nah semoga kelima tips mengukus kue tadi dapat membantu kamu membuat kue yang enak ya! Untuk kamu yang juga tidak ingin repot, Pondan juga punya sesuatu yang spesial nih buat kamu. Dengan menggunakan tepung premiks kue kukus siap pakai Pondan, kamu dapat dengan praktis membuat aneka kreasi kue kukusmu sendiri di rumah. Mudah, praktis, dan pastinya dijamin anti gagal! Dapatkan produk-produk andalanmu ini melalui website Pondan, atau dengan membelinya di e-commerce kesayangan kamu. Yuk, berkreasi bersama Pondan!

Sumber:

yummy.ph

livestrong.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *