8 Trik Membuat Kue ini Bikin Hemat Waktu

Meskipun sekilas terlihat rumit, kegiatan baking sebenarnya sangatlah praktis untuk dilakukan. Apalagi, kalau kamu sudah tahu beberapa trik khusus yang mempermudah prosesnya. Bukan hanya mudah, dengan trik tersebut, kamu juga akan sekilas tampak jago seperti para chef ternama. Mau tahu bagaimana caranya? Intip beberapa trik membuat kue yang telah kami rangkum berikut ini.

1. Menghangatkan Telur Sebelum Diolah

Via Freepik

Tahukah kamu? Telur yang disimpan di kulkas akan jauh lebih mudah dikupas jika dibiarkan di suhu ruangan terlebih dahulu. Nah, daripada lama-lama menunggu telur dingin tersebut menghangat, kamu sebenarnya bisa saja langsung mencelupkannya ke air hangat. Cukup diamkan selama beberapa menit, dan telur dari dalam kulkas akan kembali ke suhu ruangan dengan cepat.

2. Menggunakan Benang Gigi untuk Memotong

Via 123RF (Foto: Joshua Resnick)

Nah, kalau kamu takut potongan tidak rata, sebenarnya kamu bisa lho menggunakan dental floss atau benang gigi. Namun, ini hanya bisa diaplikasikan ke makanan dengan tekstur lembut ya, seperti cheesecake atau adonan lembut lainnya. Cukup tarik saja benang gigi dari kedua sisi. Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan hasil potongan makanan yang jauh lebih rapi. Selain itu, benang gigi juga bisa digunakan untuk membagi lapisan kue. 

3. Memotong dengan Pisau Panas

Via Freepik

Jika kamu ingin memotong dengan pisau, selain harus terasah tajam, trik membuat kue lainnya yang bisa kamu coba adalah menggunakan pisau panas. Cara memanaskannya sederhana. Kamu cukup memasukkan pisau ke dalam air panas selama beberapa detik. Keringkan terlebih dahulu, lalu gunakan pisau panas tersebut untuk memotong kue. Metode ini cocok untuk kamu yang pengen dessert dengan bentuk sempurna. Potongan pun akan terlihat jauh lebih rapi.

4. Mengeluarkan Pecahan Cangkang Telur

Via Freepik

Saat memecahkan telur, terkadang secara tidak sengaja pecahan cangkangnya masuk ke dalam cairan telur. Pecahan cangkang ini seringkali membuat jengkel karena susah dikeluarkan dengan tangan atau bahkan dengan garpu sekalipun. Nah, sebenarnya, ada cara mudah mengeluarkannya, yaitu dengan menggunakan setengah cangkang telur utuh yang kamu punya. Sebab, pecahan tersebut akan lebih mudah menempel pada cangkangnya. Pastinya menghemat waktu, kan?

5. Mengganti Bahan Kue dengan Bahan Alternatif

Via Freepik

Jika setelah melihat resep, ternyata bahannya tidak ada, kamu tak perlu kebingungan untuk mencari bahan tersebut. Gunakan saja beberapa bahan alternatif yang ada di rumah. Contohnya, kamu bisa mengganti tepung roti dengan remahan snack sesuai selera. Atau, kamu bisa juga lho mengganti bahan gula dengan madu. Nah, daftar selengkapnya bisa kamu lihat di artikel yang satu ini, ya.

BACA JUGA:

Inilah 9 Bahan Alternatif Pembuatan Kue

Catat 5 Konversi Takaran Resep Ini agar Tidak Keliru

 

6. Membasahi Tangan saat Memegang Bahan Lengket

Via Freepik

Bahan makanan yang lengket, seperti gula, madu, atau karamel, terkadang membuat kita merasa jengkel di dapur. Apalagi, ketika makanan lengket tersebut menempel di tangan dan peralatan lainnya. Hal ini bisa saja mengacaukan mood masakmu. Solusinya, kamu bisa membasahi kedua tangan dengan air bersih sebelum memegang bahan lengket. Dengan cara ini, benda lengket apapun akan lebih mudah dipegang. 

7. Menggunakan Tinfoil untuk Adonan yang Lebih Kecil

Via Freepik

Saat membuat kue, kamu baru tersadar bahwa loyang di rumah ternyata berukuran terlalu besar. Padahal, kamu ingin membuat kue dengan takaran yang lebih kecil. Nah, tak perlu repot-repot membeli loyang baru. Ada trik khususnya, kok. Cukup buat sekat imajiner pada loyang kue dengan menggunakan tinfoil. Caranya, potong alumunium foil dengan panjang sesuai ukuran yang kamu mau. Lalu, pasang di atas loyang untuk membentuk sekat pemisah.

8. Memahami Takaran Resep

Via Freepik

Pada akhirnya, takaran menjadi kunci utama keberhasilan baking. Sebab, takaran yang kurang tepat berpotensi membuat cake yang kamu buat gagal. Solusinya tentu adalah menggunakan timbangan atau gelas takaran. Tapi, ada trik khusus menakar bahan resep yang perlu dilatih hingga terbiasa, misalnya: 3 sendok teh sama dengan 1 sendok makan, 16 sendok makan sama dengan 1 cup, 1 cup sama dengan 250 gram, 1 sendok makan sama dengan 15 ml, dan 1 sendok teh sama dengan 5 ml. 

Sudah tahu kan beberapa trik membuat kue di atas? Trik tersebut dijamin dapat menghemat waktu memasak di dapur, deh. Nah, selain dengan trik di atas, baking juga bakal lebih hemat waktu kalau kamu pakai tepung siap pakai Pondan, lho. Mulai dari puding, brownies, hingga aneka cake lainnya bisa kamu buat sendiri di rumah tanpa harus takut gagal. Kamu juga tidak perlu menyiapkan terlalu banyak bahan. Yuk, coba berkreasi dengan Pondan!

BELI SEKARANG

 

Sumber: Life Hack

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *