Variasi Olahan Pastri Choux Selain Kue Sus

Variasi Olahan Pastri Choux Selain Kue Sus

Pastri Choux adalah adonan kue yang bersifat ringan dan terbuat dari campuran terigu, mentega, telur dan air. Di Indonesia, adonan seperti ini biasa digunakan untuk membuat kue sus. Tapi tahukah mom & sis, adonan ini tak hanya bisa digunakan untuk membuat kue sus saja lho. Ada variasi olahan pastri choux lainnya yang juga tak kalah unik dan menarik. Penasaran? Yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Éclairs

Éclairs dengan berbagai rasa - [ via pixabay.com ]
Éclairs dengan berbagai rasa – [ via pixabay.com ]
Éclairs mirip dengan kue sus, hanya saja bentuknya dibuat lonjong memanjang. Bila kue sus biasa diisi dengan vla, Éclairs umumnya diisi dengan krim coklat, vanilla atau kopi. Éclairs dalam bahasa Perancis juga berarti kilat. Konon nama ini diberikan karena hiasan siraman icing coklat pada bagian atas kue yang selalu terlihat seperti berkilat-kilat. 

 

Gougères

Gougères dengan keju Gruyere - [ via browneyedbaker.com ]
Gougères dengan keju Gruyere – [ via browneyedbaker.com ]
Tak hanya manis, sus juga bisa dibuat dengan citarasa asin dan gurih seperti Gougères. Cara membuatnya juga sama dengan cara membuat sus pada umumnya, hanya saja sebelum dipanggang adonan diberi parutan keju yang cukup banyak dan terkadang sedikit rempah seperti bubuk cabai atau bubuk pala agar rasanya makin sedap. Di Perancis, tempat asalnya, Gougères kerap dihidangkan sebagai makanan pembuka dan disajikan polos tanpa isian.

 

BACA JUGA:

Croquembouche, Si Menara Kue Sus Dari Perancis

Maraschino Cherry, Si Ceri Tangkai Merah

Cake Pops, Camilan Kekinian!

 

Churro

Churro dengan cokelat - [ via freepik.com ]
Churro dengan cokelat – [ via freepik.com ]
Meski populer di Amerika Selatan, Churro konon awalnya berasal dari Spanyol. Penemunya adalah bangsa Portugis yang terinspirasi oleh cara memasak kue goreng dari Cina bernama Youtiau, sejenis cakwe. Bila Éclairs dan kue sus dibuat dengan cara dipanggang dan diberi isian, varian kue yang satu ini dibuat dengan cara digoreng dengan cetakan memanjang lalu disajikan dengan taburan gula dan kayumanis atau celupan seperti coklat cair.

 

Beignet

Beignet Klasik - [ via freepik.com ]
Beignet Klasik – [ via freepik.com ]
Beignet merupakan kue khas Amerika yang berasal dari Perancis. Meski resep-resep Beignet masa kini telah banyak dimodifikasi menjadi serupa donat, Beignet yang asli terbuat dari adonan pastri choux yang digoreng dalam minyak yang sangat panas. Setelah matang, Beignet lalu dibalur dengan gula halus sebelum kemudian disajikan. Beignet sangat populer dimakan sebagai menu sarapan, biasanya dihidangkan dengan ditemani kopi hitam atau kopi susu.

 

Siapa sangka ya mom & sis, kalau variasi olahan pastri choux rupanya dapat dibuat menjadi kreasi kue yang beraneka ragam. Kamu pun dapat dengan mudah membuat variasi olahan seperti di atas lho dengan tepung premiks Kue Soes dari Pondan! Tak hanya praktis, tepung premiks Kue Soes dari Pondan juga bisa membantumu berkreasi dengan mudah di rumah tanpa repot. Rasanya dijamin enak dan anti gagal! Kamu bisa dapatkan produk Pondan yang satu ini di website Pondan, atau dengan mengunjungi situs e-commerce kesayangan kamu. Yuk, berkreasi bersama Pondan!

Pondan Kue Soes

 

Beli Pondan Kue Soes Sekarang

Sumber:

foodtimeline.org

theprisma.co.uk

thespruceeats.com

epicurious.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *