Wajib Cicip! Crumb Cake Unik Khas 4 Negara di Dunia

Mom & sis sudah pernah mencicipi Crumb Cake? Kreasi kue asal Eropa yang memadukan kombinasi lembutnya cake dan renyahnya topping crumble di atasnya ini memang sedang naik daun. Ada cukup banyak variasi kue dengan remahan renyah ini di berbagai negara di dunia, yang mana masing-masing punya ciri khas. Nah buat kamu yang penasaran, Pondan sudah rangkum ulasannya mengenai Crumb Cake unik khas 4 negara di dunia untuk kamu simak berikut ini!

  1. Streuselkuchen – Jerman
pondan crumb cake
Streuselkuchen dengan isian selai buah – [ via pixabay.com ]
Merupakan kue yang menjadi ciri khas di negara Jerman, Streuselkuchen adalah cake unik dengan topping remahan kue renyah di atasnya. Remahan renyah yang juga disebut dengan Streusel ini biasanya terbuat dari 3 bahan utama yang sederhana yakni tepung terigu, gula dan mentega. Streuselkuchen versi klasik biasanya terbuat dari kue bolu yang diberi tambahan rempah sebagai penambah rasa. Pada resep-resep modern, Streuselkuchen tak jarang dibuat dengan isian krim keju hingga buah-buahan bercita rasa asam seperti apel, plum, ceri, dan kismis.

 

  1. Coffee Cake – Amerika
pondan crumb cake
Coffee Cake – [ via freeimages.com ] 
Meski dinamai coffee cake, nyatanya Crumble Cake ala negeri paman Sam yang satu ini tidak mengandung kopi sama sekali lho. Kue yang juga populer sebagai menu sarapan di sebagian besar kota di Amerika ini dinamai demikian karena cara penyajiannya yang kerap dihidangkan bersamaan dengan secangkir kopi. Perpaduan aroma gula merah dan kayu manis dan gurihnya cacahan kacang pecan menjadi ciri khas hidangan manis yang satu ini. Bahkan tak jarang sebagian resep juga menambahkan sirup maple ke dalamnya agar kue lebih wangi.

 

  1. Placek Na Maślance – Polandia
pondan crumb cake
Placek Na Maślance dengan isian buah plum – [ via ilovebake.pl ]
Seperti juga negara Jerman, Polandia juga punya crumb cake khas. Placek Na Maślance namanya. Ciri khas kue ini terletak pada penggunaan buttermilk dalam adonannya yang berfungsi tak hanya sebagai penambah cita rasa tetapi juga membuat kue lebih terasa lembut dan tidak kering. Uniknya, Placek Na Maślance kerap diidentikan sebagai hidangan jamuan untuk tamu di negara Eropa Timur ini. Cara pembuatan kuenya yang sangat mudah dan dapat dibuat dalam waktu yang cepat menjadikan kue remah yang satu ini kemudian selalu menjadi hidangan yang umum dipilih untuk disuguhkan.

 

BACA JUGA:

Flan, Si Puding Karamel Lembut Nan Legit

5 Jenis Martabak Manis, Bakal Suka

Ketahui 3 Hal Tentang Perisa Vanila

 

  1. Nastar Crumble Cake – Indonesia
pondan crumb cake
Nastar Crumble Cake – [ Via cookpad.com ]
Tak hanya di luar negeri, Indonesia juga ternyata punya Crumb Cake unik dengan kearifan lokal lho. Seperti kreasi yang dilakukan oleh akun Genika Yulia pada situs cookpad.com berikut ini contohnya. Dengan memadukan konsep sponge cake dengan kukis nastar, maka kreasi kue Nastar Crumble Cake pun dapat dengan mudah dibuat. Tak hanya menjadi inovasi yang unik, kue cantik ini pun cocok menjadi alternatif hidangan kekinian yang bisa kamu pilih untuk disuguhkan pada hari raya atau hari-hari besar lainnya.

 

Semuanya terlihat sedap bukan? Apalagi kalau bisa membuat salah satu dari Crumb Cake unik khas 4 negara di dunia tadi oleh kamu sendiri di rumah, pasti bakal lebih terasa lezat ya. Nah buat kamu yang ingin mencoba berkreasi kue remah renyahmu sendiri di rumah, kamu juga bisa menggunakan produk-produk dari Pondan sebagai bahan pendukung kreasi kue buatanmu lho. Tak hanya dapat memudahkan kamu berkreasi di dapur, dengan Pondan kamu juga bisa membuat kue nikmat tanpa harus repot bersusah payah! Praktis dan anti ribet. Kamu bisa dapatkan produk-produk Pondan pilihanmu melalui website, atau dengan membelinya lewat e-commerce kesayangan kamu. Yuk, berkreasi bersama Pondan!

Sumber:

Clark, C. (2014). 80 Cakes From Around the World. Bloomsbury Publishing. hlm. 122. (e-book)

biggerbolderbaking.com

thespruceeats.com

cookpad.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *