Cara Mudah Menyimpan Tepung Kue Instan Agar Tidak Rusak

pondan.comTepung kue instan bisa disebut sebagai penolong saat mendadak ingin membuat kue dengan cara yang cepat. Apalagi tingkat kegagalan membuat kue dengan bahan ini sangat kecil sehingga sangat diAndalkan dalam keadaan yang lelah dan letih sekalipun.

Untuk itu menyimpan tepung ini dalam jumlah yang cukup banyak diperlukan teruatama pada ibu-ibu yang sibuk dalam kesehariannya. Namun sayang karena berbagai sebab terkadang tepung ini menjadi rusak sehingga rencana Anda membuat kue gagal.

Pasti rasanya kesal sendiri ya saat mendapati beberapa stock tepung kue instan yang sudah disiapkan tidak dapat digunakan. Apalagi ada yang berkutu karena sudah terlanjur dibuka namun lupa menggunakannya karena suatu hal. Dibawah ini ada beberapa tips agar awet, simak ya!

  1. Simpan Tepung Kue Instan Di Freezer Dulu

Setelah membeli tepung, dan Anda membukanya untuk dibuat namun mendadak tidak jadi karena suatu hal. Maka masukkan tepung ke dalam plastik tersebut dalam freezer selama 48 jam. Gunanya adalah untuk membunuh kumbang atau telur serangga yang kemungkinan besar ada di dalam tepung.

  1. Simpan Pada Tempat Plastik Atau Kaca Tertutup

Kemudian setelah menyimpannya di dalam freezer selama 48 jam, pindahan tempat penyimpanannya. Lebih baik kalau menyimpannya dalam tempat yang ada tutupnya dengan bahan plastik atau kaca yang kedap udara. Tujuannya adalah menjaga bau tepung kue instan tetap segar dan menjaga kelembabannya.

  1. Tepung Baru Dengan Yang Lama Jangan Dicampur

Apabila ternyata Anda sudah pernah menyimpan dengan cara yang sama dan lupa. Dan kemudian sudah membuka tepung baru dan tidak jadi membuatnya lagi maka sebaiknya jangan mencampurnya dalam penyimpanan. Sebaiknya dipisahkan tempat penyimpanannya dan gunakan terlebih dahulu yang lama.

  1. Jauhkan Dari Bahan Makanan Beraroma Tajam

Saat menyimpannya jangan lupa untuk menjauhkan dari makanan yang memiliki aroma yang tajam. Contohnya seperti durian, bawang, nangka, daging dan  lain sebagainya karena tepung kue instan dapat menyerap aroma di sekitarnya.

4 Tips diatas dapat diterapkan saat Anda membeli tepung kue instan dan tidak jadi memasaknya meskipun terlanjur dibuka. Jangan lupa menuliskan tanggal pembelian agar tahu berapa lama usia tepung tersebut. Sehingga dapat memperkirakan tanggal kadaluwarsanya saat hendak menggunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *