Cara Praktis Membuat Kue Black Forest

pondan.com – Beberapa jenis kue menjadi sangat populer karena memiliki rasa yang lezat sehingga disukai oleh semua kalangan. Salah satu yang sukses menjadi kegemaran seluruh dunia adalah kue Black Forest. Kue ini berasal dari Jerman dan kini dikenal di seluruh dunia karena kelezatannya.

Asal Usul Nama Kue Black Forest 

Sejarah kue black forest yang berasal dari Jerman ini diawali di kota Bonn pada tahun 1915. Adalah seorang pembuat kue bernama Bad Godesberg yang pertama kali membuat kue bolu cokelat yang kemudian diberi nama Schwarzwälder atau Black Forest.

Kue bolu cokelat ini memiliki ciri khas berupa lapisan krim, serutan cokelat dan buah ceri. Pada awalnya topping buah ceri ini menggunakan jenis ceri berwarna jernih yang berasal dari daerah Schwarzwälder. Buah ceri ini direndam dalam Kirschwasser atau semacam minuman beralkohol jenis Brandy. Pada perkembangannya, ceri yang digunakan menjadi bermacam – macam tergantung ketersediaan dan daerah tempat membuat kue tersebut.

Terdapat teori lain mengenai asal usul sebutan Black Forest untuk kue bolu cokelat asal Jerman ini. Ada pula pendapat nama black forest ini berasal dari warna serutan cokelat yang berwarna gelap dan warna bolu cokelat yang gelap.

Sedangkan pendapat lain menyebut nama tersebut berasal dari kombinasi warna pakaian tradisional wanita dari Black Forest atau Schwarzwälder yang berwarna hitam dengan blus dan topi putih serta bola – bola merah. Kombinasi tersebut serupa dengan warna kue yang berwarna putih karena lapisan krim dan warna gelap yang berasal dari serutan cokelat. Sedangkan bola – bola merah tersebut menyerupai topping berupa buah ceri.

Tips Praktis Membuat Kue Black Forest

Kue Black Forest sebenarnya tidak terlalu sulit dibuat karena bahan – bahan yang mudah didapat serta cara pembuatan yang tidak sulit. Bahkan untuk mempermudah pembuatan kue ini, terdapat tepung kue yang khusus dibuat dari paduan bahan – bahan utama kue ini.

Tepung kue black forest ini salah satunya adalah Black Forest Cake mix dari Pondan yang terdiri dari paduan bahan tepung terigu, susu skim bubuk, tepung jagung, gula halus, baking powder, bubuk cokelat dan pengemulsi nabati.

Pembuatan kue dengan menggunakan campuran bahan kue ini bisa diawali dengan memanaskan oven dengan suhu 200 derajat Celcius. Kemudian masukkan campuran tepung bahan black forest kemudian kocok selama 6 menit dengan kecepatan tinggi atau hingga adonan mengental.

Tambahkan cokelat pasta yang sudah ada dalam paket tepung campuran bahan, margarin serta butter cair yang sudah didinginkan. Aduk adonan hingga merata, kemudian bagi adonan menjadi 3 bagian untuk membuat 3 lapis kue bolu cokelat sebagai dasar pembuatan kue.

Cara membuat kue black forest ini dilanjutkan dengan memasukkan 3 bagian adonan masing – masing ke dalam loyang berdiameter 22 cm. Pastikan loyang sudah diberi alas kertas roti di bagian bawah dan bagian sampingnya sudah diolesi margarin.

Panggang ketiga loyang secara bersamaan dengan suhu 200 derajat Celcius selama 15 menit hingga matang. Cara mudah mengetahui kue sudah matang adalah dengan ditusuk menggunakan tusuk gigi, ketika tidak ada adonan menempel maka kue tersebut sudah matang.

Dinginkan ketiga loyang dan keluarkan masing – masing kue dan hilangkan bagian permukaan kue. Kemudian oleskan krim dengan menggunakan whip cream atau butter cream, kemudian susun menjadi 3 lapis cake. Kemudian hias kue dengan menggunakan whip cream, serutan cokelat dan buah ceri sebagai sentuhan akhir kue Black Forest sebelum dihidangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *