Perbedaan Sponge Cake dan Chiffon Cake, Apa Saja?

Sama-sama mempunyai rupa kue yang lembut mengembang, banyak yang nggak tahu kalau ada perbedaan Sponge Cake dan Chiffon Cake. Dua produk olahan pastry ini seringkali dicap identik satu sama lain. Padahal dari segi tekstur, rasa, dan bahan pembuatan, keduanya sama sekali tidak sama lho. Biar gak bingung, kita cari tahu aja yuk perbedaannya lewat ulasan berikut ini!

Sponge Cake

Sponge Cake adalah sejenis kue dasar tipe foam. Berbeda dengan tipe butter cake yang mana biasanya mengandalkan baking powder atau baking soda sebagai bahan pengembang, Sponge Cake umumnya hanya mengandalkan kocokan udara dan telur sebagai bahan pengembangnya. Ada banyak sekali jenis sponge cake yang ada di seluruh dunia, yang mana masing-masing memiliki karakteristiknya tersendiri. 

Sponge Cake yang telah diiris untuk dasar Shortcake - [ via freepik.com ]
Sponge Cake yang telah diiris untuk dasar Shortcake – [ via freepik.com ]
Sponge cake klasik yang asli biasanya dibuat tanpa mentega dan mengocok putih dan kuning telur secara terpisah saat adonannya dibuat. Namun pada beberapa jenis kue, seperti Genoise, kue sponge asal Italia dan Perancis, yang biasa menambahkan sedikit mentega cair untuk memperkaya rasa, serta mengocok putih dan kuning telur secara bersamaan dengan gula hingga mengembang dan kental.

Sponge Cake cenderung memiliki rasa yang tawar dan tidak dominan, namun memiliki tekstur yang ringan dan tidak rapuh seperti butter cake. Oleh karena itu, sponge cake kerap digunakan dalam pembuatan cake dengan susunan berlapis atau bolu gulung. Untuk menambah rasa dan kelembapan pada kue, Sponge Cake juga kerap mengandalkan olesan sirup atau buttercream berperisa untuk membantu kue terasa kaya rasa.

 

BACA JUGA:

Perbedaan Cupcake dan Muffin

Ini Dia 5 Tips Saat Mengukus Kue

Kreasi Kue Putu Gulung

 

Chiffon Cake

Pertama kali ditemukan oleh seorang salesman peralatan masak di Amerika pada tahun  1950an, Chiffon Cake banyak disebut sebagai perpaduan antara foam dan butter cake. Dalam pembuatannya, Chiffon Cake juga mengandalkan kocokan putih telur atau meringue serta baking powder sebagai bahan pengembangnya. Penggunaan minyak sayur sebagai salah satu bahannya juga menjadi ciri khas dari pembuatan Chiffon Cake, yang mana berfungsi agar kue memiliki tekstur yang tetap empuk seperti sponge cake namun tetap kaya rasa seperti butter cake. 

Chiffon Cake dengan hiasan coklat siram - [ via pixabay.com ]
Chiffon Cake dengan hiasan coklat siram – [ via pixabay.com ]
Dalam pembuatannya, adonan Chiffon Cake seringkali ditambahkan rempah atau bahan lainnya untuk menambah rasa. Seperti Indonesia dan Malaysia contohnya, Chiffon Cake kerap diberi tambahan santan kelapa serta perasan pandan untuk menambah cita rasa dan aroma khas pada kue. Tidak seperti sponge cake, Chiffon Cake biasanya dapat dihidangkan tanpa tambahan topping atau olesan apapun karena memiliki rasa yang sudah cukup kaya dengan sendirinya. 

 

Gimana mom & sis, sudah jelas kan perbedaan Sponge Cake dan Chiffon Cake. Nah buat kamu yang ingin mencoba membuat salah satunya, bisa juga menggunakan tepung premiks kue siap pakai Sponge Cake dan Chiffon Cake dari Pondan. Praktis, dijamin enak dan anti gagal! Temukan beragam varian produk Pondan pilihanmu melalui website, atau dengan membelinya melalui e-commerce kesayangan kamu. Yuk, berkreasi bersama Pondan!

 

 

Sumber:

cupcakeproject.com

delishably.com

epicurious.com

 

One thought on “Perbedaan Sponge Cake dan Chiffon Cake, Apa Saja?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *