Sejarah Kue di Indonesia: Dari Mana Datangnya?

Ada banyak jenis kue yang bisa mom & sis temukan di Indonesia. Ada kue kering, kue basah, cake, bolu, dan masih banyak lagi ragam lainnya. Tapi tahukah kamu, kebiasaan menyantap dan membuat kue sejatinya bukan sepenuhnya tradisi asli negeri ini? Lalu bagaimana sejarah kue-kue yang lezat dan beraneka macam bisa sampai ke Indonesia?

Sejarah Kue di Indonesia

Sejarah kue di Indonesia dimulai sejak negeri ini menjadi jalur lalu lintas utama perdagangan dunia berabad silam. Datangnya para kaum pendatang di bumi Indonesia sejak dahulu tak hanya menghadirkan ragam keelokan pada tradisi dan budaya bangsa ini, tapi juga dalam hal kulinernya. Komoditas gula, yang mana menjadi primadona pada waktu itu diduga menjadi awal mula bagaimana kue dari berbagai belahan dunia kemudian masuk ke Indonesia.

Kue Sengkulun, salah satu kue tradisional Indonesia yang mendapat pengaruh dari Tiongkok - [ via freepik.com ]
Kue Sengkulun, salah satu kue tradisional Indonesia yang mendapat pengaruh dari Tiongkok – [ via freepik.com ]
Kue-kue yang hingga kini hadir di Indonesia sejatinya banyak mendapat pengaruh dari luar. Kue tradisional contohnya, konon mendapat banyak pengaruh dari kebudayaan Tionghoa. Ini bisa dilihat dari bahan pembuatnya yang rata-rata menggunakan tepung beras. Bahkan, kata kue sendiri berasal dari kata serapan bahasa Hokkien 粿 (dibaca: koé). 

Kue Semprong, diadaptasi dari resep Belanda - [ via freepik.com ]
Kue Semprong, diadaptasi dari resep Belanda – [ via freepik.com ]
Sementara untuk kue-kue yang berbahan dasar tepung terigu, kebiasaan ini diawali oleh cara memasak gaya Eropa. Gandum sebagai bahan utama pembuat tepung terigu bukanlah tanaman yang dapat tumbuh di Indonesia, begitupun dengan kebiasaan mengolah dan memasaknya yang memang bukan asli Indonesia. Era perdagangan dan kolonialisme Eropa lah yang menjadi cikal bakal masuknya kebiasaan mengolah gandum dan bahan turunannya ini ke Indonesia, termasuk membuat kue.

Ragam Kue di Indonesia

Sejarah kue di Indonesia yang dimulai berabad lalu meninggalkan pengaruh besar dalam keragaman kue yang hadir di Indonesia masa kini. Kue di Indonesia secara umum merujuk pada jenis kudapan atau makanan ringan yang biasanya memiliki cita rasa manis atau terkadang gurih. Adapun mengenai macamnya sangat bervariasi, mulai dari yang tradisional sampai yang trendi kekinian.

Gethuk Lindri, kue tradisional Indonesia yang terbuat dari singkong, gula, dan kelapa parut -  [ via freepik.com ]
Gethuk Lindri, kue tradisional Indonesia yang terbuat dari singkong, gula, dan kelapa parut –  [ via freepik.com ]
Kue tradisional Indonesia umumnya terbuat dari bahan-bahan seperti tepung beras, tepung ketan, sagu, atau umbi-umbian. Kue tradisional Indonesia memiliki ciri khasnya tersendiri di setiap daerah, dan juga kerap memiliki makna filosofis. Seperti makna dalam penggunaan ketan misalnya, sifat ketan yang lengket melambangkan budaya kumpul dan keterikatan antar saudara. Adapun contoh macam-macam kue tradisional Indonesia meliputi Kue Bingka, Kue Mangkok, Gethuk, Klepon, Kue Bugis, Kue Talam, dll.

 

BACA JUGA:

Aneka Kue Kukus Andalan 5 Negara

3 Kue Populer Warisan Belanda

Siapa Yang Pertama Kali Menciptakan Tiramisu?

 

Selain kue-kue tradisional ada pula jenis kue lainnya seperti kue bolu, kue kering dan aneka pastri. Kue-kue berbahan terigu ini bisa dibilang bersifat lebih modern karena baru masuk ke Indonesia dalam beberapa abad terakhir. Meski berawal dari luar, seiring berkembangnya zaman, kue-kue tersebut kemudian banyak yang bertransformasi menjadi kue khas dengan identitas daerah. Contohnya seperti Kue Lapis Legit, Kue Lapis Surabaya, Bolen Bandung, Pai Strudel Malang, Klappertaart, Kue Lekker, Panada, dll. 

Kue Lapis Legit yang mendapat pengaruh dari Belanda - [ via freepik.com ]
Kue Lapis Legit yang mendapat pengaruh dari Belanda – [ via freepik.com ]
Perjalanan panjang kisah sejarah kue di Indonesia memang selalu menarik untuk disimak. Nah untuk mom & sis yang juga ingin mencicipi nikmatnya kue-kue khas Indonesia ini di rumah, Pondan juga punya persembahan spesial buat kamu. Dengan menggunakan tepung premiks kue siap saji dari Pondan, kamu bisa berkreasi membuat kue-kue kesukaanmu dengan mudah. Praktis dan tanpa ribet. Dapatkan berbagai produk Pondan pilihanmu di website Pondan atau dengan mengunjungi e-commerce kesayangan kamu. Yuk, berkreasi bersama Pondan! 

Sumber:

National Geographic Indonesia

foodbycountry.com

wikipedia.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *