5 Trik Bikin Muffin Sehat Sekaligus Enak

Bikin Muffin Sehat

5 Trik Bikin Muffin Sehat Sekaligus Enak

5 trik bikin muffin sehat sekaligus enak | pondan.com – Muffin di toko roti pas enak, tapi muffin yang dibikin sendiri jauh lebih sehat. Kamu bisa masukin berbagai bahan tambahan ke adonan muffin dan mastiin semuanya sesuai keinginan. Butuh tips untuk bikin muffin sehat sekaligus enak? Berikut beberapa trik yang bisa kamu coba.

Kecilkan Porsi

Bikin Muffin Sehat

Muffin yang dijual di toko cenderung 2-3 kali lipat dari ukuran muffin standar. Jangan sampai kamu membuat muffin yang besar juga di rumah. Lebih baik menggunakan loyang muffin berukuran standar dan hanya mengisinya setengah adonan. Satu resep muffin untuk 12 buah bisa dimaksimalkan menjadi sekitar 18 buah.

Kurangi Gula

Bikin Muffin Sehat

Kamu dapat mengurangi jumlah gula setidaknya 25 persen tanpa mengubah rasa atau tekstur muffin. Kalau takut muffinnya kurang manis, kamu bisa menambahkan gula merah, madu, kayu manis, dan vanilla sebagai pengganti gula. Potongan buah segar atau buah kering juga dapat menambahkan rasa manis di adonan, loh.

Kurangi Garam

Bikin Muffin Sehat

Tanpa disadari muffin mengandung banyak garam karena bergantung pada ragi berbasis natrium, seperti baking soda atau baking powder. Cara terbaik untuk mengurangi kandungan garam adalah dengan membuat muffin lebih kecil. Kamu juga bisa mencampurkan sayuran dan buah ke adonan agar tekstur menarik dan memberi rasa gurih.

Gunakan Minyak Zaitun

Bikin Muffin Sehat

Minyak zaitun, minyak jagung, dan lainnya dapat membuat muffin lembut lebih baik dari mentega cair. Gunakan minyak beraroma netral, seperti minyak canola, kalau kamu ingin rasa lain lebih dominan.

Tambahkan Kacang-Kacangan

Bikin Muffin Sehat

Untuk sumber lemak sehat dan protein, tambahkan kacang ke dalam adonan muffin kamu. Bentuknya bisa dalam potongan kecil, susu, selai, atau tepung kacang. Pastikan bahan kacang ini tersimpan dengan baik agar tetap segar dan beraroma.  

Mau membuat muffin sendiri di rumah? Gunakan tepung siap pakai dari Pondan. Tersedia dalam dua rasa, vanilla dan coklat dan bisa ditambahkan bahan-bahan lain sesuai selera. Dapatkan produk Pondan di supermarket terdekat atau e-commerce seperti Tokopedia, BukaLapak, dan Shopee. Yuk, berkreasi dengan Pondan!

BELI SEKARANG

Sumber:

https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/muffin-makeover/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *