Croquembouche, Si Menara Kue Sus Dari Perancis

Negeri Perancis memang surganya kue-kue enak, seperti juga kue bernama Croquembouche ini contohnya. Tumpukan kue sus yang disusun mengerucut ke atas dan direkatkan dengan jalinan karamel halus agar tidak jatuh dan terlihat cantik. Lalu bagaimana kisahnya ya kue cantik yang satu ini ditemukan?

Croquembouche – [ via pixabay.com ]
Asal – Usul Croquembouche 

Berawal dari kata croque-en-bouche yang berarti renyah di mulut dalam bahasa Perancis, hidangan manis ini adalah salah satu varian kreasi kue berbahan dasar choux pastry. Sajian ini pertama kali ditemukan oleh Antonin Carême, seorang koki berkebangsaan Perancis yang juga merupakan juru masak hidangan kelas atas yang terkenal. Resepnya pertama kali dipublikasikan oleh Carême dalam buku resepnya yang berjudul Le Pâtissier royal parisien pada tahun 1815.

Croquembouche sebagai hidangan Natal – [ via williams-sonoma.com ]
Kue ini dulunya merupakan seni pajangan yang hanya dihidangkan pada perjamuan makan malam mewah. Hanya keluarga kerajaan dan para bangsawan saja yang dapat memajangnya di perjamuan makan mereka. Seiring bergantinya zaman, terutama di Italia dan Perancis, kreasi kue sus ini masih tetap diminati dan sering digunakan sebagai hidangan simbolis dalam acara-acara besar seperti kue pernikahan atau hidangan natal. Croquembouche versi klasik biasanya hanya terdiri dari susunan menara kue sus yang dijalin oleh karamel-karamel halus di sekelilingnya sementara untuk versi kekiniannya melibatkan hiasan-hiasan lain seperti bunga, buah, ganache coklat, dll.

 

Cara Membuat Croquembouche 

Meski bahan-bahan untuk membuat kreasi dari choux pastry ini cukup mudah didapat, dibutuhkan ketelitian dan kreativitas pada saat menata kue sus menjadi menara agar hasilnya kamu bisa tersusun cantik sempurna.

Untuk membuatnya, pertama-tama siapkan beberapa buah kue sus dan karamel cair. Karamel bisa dibuat dengan cara melelehkan gula dengan sedikit air secara perlahan di atas wajan sampai gula mengental dan berubah kecoklatan. Siapkan juga kacang-kacangan, hiasan mutiara, hiasan bunga, atau potongan buah stroberi sebagai hiasan tambahan. 

Croquembouche pink dengan hiasan macarons dan meringue - [ via marthastewart.com ]
Croquembouche pink dengan hiasan macarons dan meringue – [ via marthastewart.com ]
Untuk menyusunnya, celupkan sebagian kue sus ke dalam karamel cair yang telah disiapkan sambil disusun di atas piring satu demi satu. Setelah menyerupai kerucut, hias susunan kue sus ini dengan menyiramkan karamel yang tersisa. Tuang karamel secara perlahan sambil diputar-putar di atas susunan kue agar tercipta jalinan halus seperti sarang laba-laba di sekitar kue. Terakhir, tambahkan hiasan-hiasan lain yang telah disiapkan sebelumnya agar tampilannya makin cantik untuk dihidangkan.

Gimana mom & sis, tertarik untuk membuat Croquembouche kamu sendiri di rumah? Agar makin praktis, kamu juga bisa menggunakan tepung premiks Kue Soes dari Pondan. Tanpa ribet, lengkap dengan Saus Vla Instan di dalamnya! Kamu bisa dapatkan produk Pondan satu ini via website Pondan, atau di e-commerce kesayanganmu. Yuk, berkreasi bersama Pondan!

pondan kue soesBeli Premiks Kue Soes Pondan Sekarang

Sumber:

thespruceeats.com

ganachepatisserie.com.au

wikipedia.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *