Maraschino Cherry, Si Ceri Tangkai Merah

Di atas seloyang kue blackforest atau mungkin pada beberapa hidangan penutup lainnya, selalu ada hiasan berupa buah ceri bertangkai dengan warna merah menyala. Maraschino Cherry namanya. Berkatnya, tampilan kue atau es krim dan kawan-kawan tak jarang menjadi terlihat makin menggoda. Tapi pernah nggak sih mom & sis bertanya-tanya, apa sih sebenarnya si ceri tangkai merah ini?

Mengenal Maraschino Cherry

Terbuat dari buah ceri, Maraschino Cherry adalah sejenis manisan buah ceri telah lama digunakan sebagai hiasan pada banyak jenis hidangan penutup bahkan koktail. Manisan ceri yang identik dengan warnanya yang ‘nyentrik’ ini pertama kali populer pada akhir abad 19 di Amerika, sebelum kemudian menyebar ke seluruh dunia. Namanya sendiri konon diambil dari Marasca Cherry, sejenis buah ceri yang berasal dari Kroasia.

Maraschino Cherry - [ via freepik.com ]
Maraschino Cherry – [ via freepik.com ]
Sejarah Maraschino Cherry bermula pada awal abad 19 di Eropa. Kala itu, buah ceri jenis Marasca kerap digunakan masyarakat sana untuk direndam dalam minuman beralkohol bernama Maraschino. Minuman keras dengan buah ceri ini kemudian menjadi populer dan permintaannya meningkat sementara ketersediaan ceri jenis Marasca sangat terbatas. Harganya pun menjadi mahal dan hanya dapat dikonsumsi bagi orang kaya dan bangsawan saja. Akibat dari kelangkaan ini, buah ceri jenis lain kemudian diakali sebagai bahan baku, menggantikan ceri jenis Marasca.

 

BACA JUGA:

Croquembouche, Si Menara Kue Sus Dari Perancis

Tres Leches, Kue Mandi Susu

Teknik Memasak Au Bain Marie

 

Di Amerika, olahan buah ceri ini sempat dicekal karena pada masa itu sedang berlaku undang-undang pelarangan minuman beralkohol. Para pengusaha dan petani ceri pun kemudian memutar otak untuk menemukan produk selayaknya Maraschino namun versi bebas alkohol. Lalu akhirnya, di Oregon pada sekitar tahun 1930an, seorang professor bernama Ernest H. Wiegand berhasil menemukan metode pengawetan buah ceri tanpa alkohol. Cara ini kemudian menjadi metode pengolahan Maraschino Cherry yang digunakan hingga sekarang. 

Membuat Maraschino Cherry

Maraschino Cherry buatan pabrik biasanya terbuat dari buah ceri yang direndam dengan larutan gula dan pewarna makanan. Tak hanya berwarna merah, ceri juga tersedia dalam warna-warna lain seperti kuning, hijau, dan orange. Bahkan ada beberapa produsen yang menyediakan rasa lain seperti rasa nanas atau jeruk. Selain buatan pabrik ternyata Maraschino Cherry dapat juga dibuat di rumah dengan mudah, seperti resep yang dikutip dari Living Homegrown ini contohnya.

Maraschino Cherry buatan rumah dalam toples kaca - [ via freepik.com ]
Maraschino Cherry buatan rumah dalam toples kaca – [ via freepik.com ]
Untuk membuat setoples Maraschino Cherry buatan rumah, kamu membutuhkan sekitar 2 cangkir buah ceri segar yang telah dicuci bersih dan larutan gula untuk merendam ceri. Caranya, kamu tinggal memasukan ceri-ceri segar yang telah diambil bijinya kedalam toples kaca. Kamu bisa menambahkan rempah lain sebagai aroma seperti kayu manis bila mau. Setelah itu, tuang larutan gula yang telah didinginkan, yang mana bisa kamu buat dengan mendidihkan secangkir air bersama secangkir gula 1 sdm air perasan lemon dan 1 sdt ekstrak almond. Setelah ceri terendam larutan gula, tutup toples dan simpan dalam lemari es selama sekitar 6 minggu atau mengawetkannya dengan metode water bath agar tahan lebih lama lagi.

Tak disangka ya, di balik cantiknya si ceri tangkai merah yang satu ini ternyata tersimpan kisah yang cukup menarik untuk disimak. Manisnya si Maraschino Cherry ini juga bakal jadi lebih menggoda apalagi kalau dipadukan dengan produk-produk dari Pondan yang pastinya dijamin lezat! Tak hanya mudah dan praktis, pilihan produk Pondan juga tersedia dengan beragam varian yang pastinya bakal bikin mom & sis asyik terus berkreasi di dapur. Kamu bisa dapetin beragam produk Pondan yang kamu mau melalui website Pondan atau dengan berbelanja di situs e-commerce kesayangan kamu. Yuk, berkreasi bersama Pondan!

pondan black forest pondan black forest kukus pondan brownies kukus pondan bolu panggang serba guna

 

Sumber:

en.wikipedia.org

thespruceeats.com

livinghomegrown.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *