Tips Agar Kue Mengembang Sempurna Dengan Praktis

pondan.comTips agar kue mengembang sempurna dan empuk tidak sesulit yang kita bayangkan. Awalnya, Anda harus melengkapi berbagai peralatan dan bahan yang akan digunakan untuk membuat kue atau bolu yang enak.

Namun sayangnya, banyak kue yang justru lebih tebal atau lebih keras. Jika sudah begini, maka perjuangan, tenaga dan waktu yang dikorbankan tentunya akan sia-sia. Nah, berikut ini beberapa tips membuat kue mengembang dan empuk.

  • Pastikan Bahannya Sesuai Dengan Resep

Tahap persiapan adalah kunci ujung agar kue mengembang dan lembut. Dimana yang paling penting adalah menyiapkan bahan-bahannya. Jika Anda tidak sengaja mengganti bahan-bahannya, kue bisa gagal atau menjadi keras.

  • Gunakan Bahan-Bahan Segar

Selain resep, sebagai tips agar kue mengembang sempurna Anda juga harus memperhatikan bahan-bahan yang akan digunakan. Bahan-bahannya tentu saja harus segar, karena bahan-bahan lama dapat menghasilkan rasa yang tidak enak.

Cara cek pengembang masih fresh bisa dengan cara dimasukan ke dalam cuka atau air panas dan tunggu sampai muncul gelembung-gelembung. Jika gelembung muncul dengan cepat, pengembang masih segar.

  • Bahan Harus Pada Suhu Kamar

Selain kesegaran, suhu bahan yang digunakan juga dapat mempengaruhi kualitas kue yang dibuat. Topping yang terlalu panas atau terlalu dingin bisa membuat kue menjadi keras, Anda harus menyimpannya di dalam ruangan sampai mencapai suhu kamar.

  • Ukur Bahan Sesuai Resep

Tips agar kue mengembang sempurna berikutnya adalah dengan memperhatikan bahan-bahannya. Jika resepnya tidak diikuti maka ada risiko kue menjadi keras atau tidak mengembang.

Anda perlu menggunakan sendok yang terpisah dari wadah pengukur. Kemudian, bersihkan permukaan untuk menghilangkan bahan berlebih. Anda juga dapat menggunakan timbangan dapur untuk menghitung.

  • Pengeringan Wadah Dan Peralatan

Sekarang giliran wadah, dan peralatan yang digunakan untuk membuat kue juga harus kering. Pasalnya, wadah yang basah bisa menyebabkannya tidak mengembang dengan baik dan menjadi menggumpal.

Sekian ulasan mengenai tips agar kue mengembang sempurna yang mungkin perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat sebagai referensi dan tambahan informasi menarik untuk membantu Anda saat membuat kue.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *