Tips Membuat Sponge Cake yang Lembut dan Mengembang

pondan.comSponge cake merupakan salah satu jenis kue yang sangat populer di tengah masyarakat. Dapat dikatakan kue ini merupakan basic atau dasar dari jenis cake sehingga sudah umum dibuat oleh siapapun. Namun tidak semua orang begitu paham dengan tips membuat sponge cake agar lebih lembut dan mengembang.

Sesuai dengan namanya kue ini harus memiliki tekstur yang lembut dan berongga sebagaimana spons atau busa. Warnanya pun harus cantik sehingga bisa dinikmati di setiap sisinya hingga habis tak bersisa.

Meskipun termasuk ke dalam jenis cake yang cukup umum dan dasar namun tidak semua orang begitu pandai membuat jenis kue ini dengan hasil yang tepat. Secara umum hasilnya harus mengembang, lembut dan agak berongga.

Agar bisa mendapatkan hasil tersebut Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini.

Gunakan Resep yang Sesuai

Tips membuat sponge cake yang pertama ialah Anda harus menggunakan resep yang sesuai. biasanya resep yang tepat akan menggunakan campuran bahan berupa telur utuh dan kuning telur dengan perbandingan tertentu.

Selain itu, bahan pengembang yang digunakan juga biasanya tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Terdapat emulsifier serta baking powder yang akan digunakan dalam resep tersebut sehingga tekstur yang diperoleh bisa lebih sesuai.

Tips Membuat Sponge Cake dengan Menggunakan Telur dari Suhu Ruangan

Berikutnya Anda dianjurkan untuk tidak menggunakan telur yang sebelumnya disimpan di dalam lemari es. Hal ini hanya akan membuat kue tidak akan mengembang dengan maksimal dan hasilnya tidak akan terlalu lembut.

Pilih telur yang berasal dari suhu ruang agar teksturnya tetap sama dan tidak berubah. hasil kue yang Anda buat bisa lebih lembut dan mengembang dengan sempurna. Dengan begitu kue ini bisa dinikmati dengan hasil yang sangat sesuai.

Gunakan Kuning Telur

Terakhir pastikan Anda menggunakan kuning telur di dalam resep karena akan membuat hasil kue menjadi lebih lembut. Anda juga bisa tetap menggunakan telur utuh namun tetap menggunakan kuning telur dalam jumlah yang lebih banyak.

Itulah beberapa tips membuat sponge cake agar lebih lembut dan mengembang dengan sempurna. Kue ini bisa Anda buat di berbagai kesempatan untuk dinikmati bersama keluarga atau di tengah acara bersama rekan-rekan Anda. anda bisa menggunakan Pondan Sponge Cake Mix yang tersedia diberbagai minimarket dekat rumah anda ataupun dimarketplace favorit anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *