Begini, Tips Membuat Kue Untuk Pemula

Membuat kue pastinya selalu menjadi kegiatan yang selalu menyenangkan untuk dicoba di dapur ya mom & sis. Nah buat kamu yang baru pemula dalam urusan membuat kue, menguasai tata caranya mungkin terasa gampang-gampang sulit ya. Agar tidak bingung, kita simak saja yuk ulasan mengenai tips-tips membuat kue untuk pemula yang Pondan telah rangkum untuk kamu!

  1. Pastikan semua bahan bersuhu ruang.

Memastikan semua bahan bersuhu ruang dapat memungkinkan kamu membuat adonan kue yang tercampur dengan baik. Tak masalah bila kamu menyimpan mentega beku dan telur di dalam lemari pendingin untuk digunakan membuat kue di kemudian hari, asal pada saat hendak menggunakannya untuk membuat kue, keluarkan bahan-bahan dari kulkasmu lalu diamkan hingga suhunya sama dengan suhu ruang.

  1. Ikuti resep

Meski terdengar klise, nyatanya mengikuti resep dengan baik dapat membantu kamu membuat kue dengan hasil sempurna lho mom & sis. Selain memastikan setiap langkahnya tepat, pastikan juga takaran bahan-bahan pembuat kuemu juga diukur dengan benar ya. Membuat kue tidak sama dengan memasak yang mana terkadang takaran bahan bisa kamu ukur sesuka hati, karena salah-salah hasil kue kamu nantinya malah tidak jadi maksimal atau bahkan gagal.

  1. Panaskan oven/kukusan terlebih dahulu

Oven atau kukusan membutuhkan waktu hingga mencapai suhu yang pas untuk mematangkan kue. Pada oven misalnya, butuh waktu sekitar 20 menit hingga suhu di dalam mencapai temperatur yang ideal untuk memanggang kue. Hindari memasukan adonan kue sebelum oven atau kukusanmu mencapai suhu yang pas, agar adonan kuemu tidak gagal dan dapat matang merata.  

  1. Gunakan loyang yang tepat
tips membuat kue untuk pemula Brownies dalam loyang alumunium - [ via freepik.com ]
Brownies dalam loyang alumunium – [ via freepik.com ]
Selain dari adonan dan alat memasaknya, memilih loyang yang tepat pun dapat menentukan kesuksesan kue yang akan kamu buat. Ada banyak jenis loyang yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Pastikan juga kamu hanya mengisi 2/3 volume loyang pada saat menuang adonan kuemu ke dalam loyang. Ini bertujuan agar kue dapat mengembang dengan pas saat matang nanti dan tidak meluber ke mana-mana.

 

BACA JUGA:

Ini Dia 5 Tips Saat Mengukus Kue

Memilih Loyang Untuk Baking: Beda Bahan, Beda Keunggulan

Baking Tanpa Telur? Coba Bahan Ini!

 

 

  1. Jangan biarkan kuemu lengket di loyang

Pada saat kue matang, kue cenderung akan menempel pada permukaan loyang dan susah dilepas. Nah agar hal seperti itu terjadi, sebelum menaruh adonan kuemu dalam loyang, kamu bisa mengolesi loyangmu terlebih dahulu dengan mentega atau margarin. Selain itu, kamu juga bisa mengalasi loyangmu bagian bawah dan pinggirnya dengan kertas minyak. Butuh opsi lainnya? Kamu bisa menggunakan loyang dengan formula anti lengket, yang bisa kamu dapat dengan mudah di pasaran.

  1. Cek dengan tusuk gigi

Untuk beberapa jenis kue seperti cake dan bolu, mengecek kue bisa dilakukan dengan menggunakan tusuk gigi. Caranya, saat kue mendekati waktu matang, tusuk bagian tengah kue lalu lihat permukaan tusukan. Bila masih ada adonan menempel saat tusuk gigi dicabut, itu artinya kuemu belum siap matang sepenuhnya. Sebaliknya, bila tusuk gigi bersih tidak ada adonan menempel, artinya kuemu telah matang sempurna.

  1. Dinginkan kue
tips membuat kue untuk pemula Muffin yang sedang didinginkan di atas rak
Muffin yang sedang didinginkan di atas rak

Ketika kue baru saja matang, mungkin kamu bakalan tidak sabar ingin kuemu segera di- ‘eksekusi’. Tapi tahan dulu. Saatkan mengeluarkan kue dari oven atau kukusan, sebaiknya kue dibiarkan sejenak agar kue dianginkan terlebih dahulu sekitar 5-10 menit. Ini agar uap panas yang tadinya terperangkap di dalam kue dapat keluar secara tuntas, sehingga kamu menghias atau menyantap kuemu dengan lebih baik.

Bagaimana mom & sis, tips-tips membuat kue untuk pemula tadi tidak terlalu susah untuk diikuti bukan? Semoga dengan ulasan tadi bikin kamu makin semangat untuk berkreasi kuemu sendiri di rumah ya. Agar kreasi kuemu makin sempurna, jangan lupa juga untuk mencoba aneka tepung premiks dari Pondan ya. Selain mudah dan praktis digunakan, dengan Pondan kamu dapat membuat aneka kreasi kue favorit kamu dengan enak dan dijamin anti gagal! Dapatkan beragam produk Pondan pilihanmu di website ini, atau bisa dengan mengunjungi e-commerce kesayangan kamu. Yuk, berkreasi bersama Pondan!

pondan brownies & cookies pondan tiramisu kukus pondan brownies kukus cokelat keju pondan sponge cake mix

Sumber:

bakingkneads.com

sallysbakingaddiction.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *