Fenomena Kuliner: Martabak Viral yang Membuat Heboh Lidah dan Hati

Mom & sisi pasti familiar dengan yang namanya martabak manis. Camilan favorit semua orang ini, yang juga dikenal dengan sebutan Terang Bulan, mudah ditemukan. Tak tanggung-tanggung, dari mulai penjual kaki lima hingga kedai bergaya apik kekinian, martabak manis banyak dijajakan di mana-mana. Dengan ciri khas isian yang legit, martabak manis jaman sekarang juga memiliki variasi yang beragam lho. Untuk lebih jelasnya, yuk, kita simak 5 jenis martabak manis yang bakalan disukain sama kamu, berikut ulasannya.

  1. Martabak Bangka
    Di tempat asalnya, Kepulauan Bangka-Belitung, martabak bangka juga dikenal sebagai Hok Lo Pan yang berarti kuenya orang Hoklo. Konon kue ini awal mulanya dibuat oleh orang-orang peranakan Tionghoa yang tinggal di sana. Martabak Bangka inilah yang kemudian menjadi cikal bakal martabak manis yang kini menyebar ke seluruh Indonesia.

  2. Martabak Gulung Pandan
    Menyerupai bolu gulung, tapi bukan bolu? Ya, itulah martabak gulung pandan. Martabak ini merupakan inovasi dari martabak manis pada umumnya yang mana cara penyajiannya dibuat sedikit berbeda. Dengan tambahan essens pandan pada adonannya, martabak ini menjadi terlihat makin cantik dan menggoda. Sedap!

  3. Martabak Black
    Martabaknya kok hitam legam? Eitss… hitamnya martabak ini bukan berarti gosong lho. Martabak black sengaja diberi pewarna hitam pada adonannya seperti coklat bubuk hitam, bubuk black forest, atau bubuk charcoal. Tak hanya membuat warna martabak menjadi lebih menarik, penambahan bubuk-bubuk tadi juga rupanya menambah aroma khas dan cita rasa pada martabak.

  4. Martabak Pizza
    Martabak klasik bagi sebagian orang mungkin terasa membosankan ya karena hanya dapat memilih 1-2 topping saja. Konon, dari situlah ide membuat martabak pizza bermula. Satu macam martabak diisi dengan beragam topping yang bisa kamu pilih sesuai selera. Pas buat kamu yang menginginkan martabak dengan ragam rasa tapi tanpa membuat kantong jebol. Selayaknya pizza, martabak pizza juga sangat cocok buat kamu yang membutuhkan sajian untuk dimakan ramai-ramai.

  5. Martabak Tipis Kering
    Inilah Martabak Tipker, salah satu inovasi olahan martabak yang juga tengah naik daun akhir-akhir ini. Di balik popularitasnya yang kini makin banyak dicari, ada sosok Koh Asan, seorang pengusaha martabak asal Kota Bandung yang konon menjadi pencipta martabak tipis kering untuk pertama kalinya. Nah, jika martabak biasanya diidentikan dengan tekstur lembut dan empuk, maka keunikan dari martabak ini adalah teksturnya kering dan renyah tapi tetap lezat layaknya martabak. Unik ya?

    Wah, semua terlihat sangat enak ya. Jadi tidak sabar ingin mencoba salah satunya. Nah, jika mom & sisi ingin mencoba berkreasi di dapur, bisa banget menggunakan tepung martabak instan dari Gusto! Cukup dengan menambahkan kuning telur, air dan margarin cair, kamu bisa berkreasi membuat martabak favoritmu sendiri di rumah.

 

 

 

www.Pondan.com
www.Gusto.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *