Sponge Cake dan Butter Cake, Jenis Bolu yang Ternyata Beda!

pondan.com – Kamu yang menggemari kue, pastinya sudah tidak asing lagi dengan isitilah “bolu”, kan? Ya, nama yang merujuk pada kue bertekstur empuk ini pada umumnya terdiri dari tiga bahan utama, yaitu telur, tepung terigu, serta gula. Namun, apakah kamu sudah tahu asal usul bolu itu dari mana dan apa saja jenisnya?

Isitilah “bolu” diambil dari bahasa Portugis “Bolo”, yang artinya kue. Kue ini berbahan dasar tepung terigu, gula, dan telur, yang kemudian adonan ketiga bahan dasar ini dimatangkan dengan cara dipanggang atau dikukus.

Bolu yang sudah matang biasanya dihias dengan balutan butter dan berbagai macam topping lainnya, seperti cokelat, parut keju, hingga buah-buahan. Untuk jenisnya, bolu terbagi menjadi dua, yaitu sponge cake dan butter cake.

Sponge Cake

Seperti namanya, sponge cake memiliki tekstur super empuk seperti sponge. Hal ini karena bahan utamanya terdiri dari kocokan telur dan gula yang nantinya menghasilkan busa atau foam. Setelah itu, barulah ditambahkan mentega cair atau minyak goreng.

Oleh karena itulah, bahan andalan yang digunakan sebagai pengembang dalam pembuatan sponge cake adalah telur bukan baking powder, seperti pada kue bolu lainnya. Meski terbilang sangat lembut, sponge cake termasuk jenis bolu yang padat, lho.

Kelembutan pada sponge cake juga berkat suhu yang tepat ketika kue dipanggang. Untuk menghasilkan tekstur yang sempurna, sponge cake biasanya dipanggang dengan suhu 180-200 °C. Tak hanya itu, kedalaman loyang pun harus diperhatikan secara detail ya.

Ingat, suhu yang terlalu tinggi bisa membuat kue bagian luar terlalu cepat matang dan kering, sementara bagian dalamnya masih mentah. Beberapa bolu sponge cake yang biasa ditemui di Indonesia di antaranya bolu polos dengan rasa coklat atau keju serta bolu gulung isian selai buah.

Butter Cake

Jenis bolu yang kedua adalah butter cake, yang dalam proses pembuatannya justru mengandalkan baking powder sebagai pengembang. Hal ini karena butter cake terdiri dari bahan utama, yaitu mentega yang dikocok dengan gula.

Bukan hanya itu saja, tekstur butter cake lebih terasa padat daripada sponge cake. Karena itu, jika kamu menyimpan butter cake terlalu lama di suhu ruangan, teksturnya akan menjadi kering. Akan tetapi, kamu jangan khawatir, selama takaran margarin dan suhu pemanggangannya tepat, soal rasa jangan diragukan.

Nah, untuk kamu yang lebih tertarik membuat sponge cake, kini tak perlu ribet lagi mencari bahannnya satu per satu. Pondan menghadirkan premiks Sponge Cake Mix yang tersedia dalam empat varian rasa: Vanilla, Cokelat, Pandan, dan Mocca. Kamu bisa berkreasi sesuka hati di rumah dengan Pondan Sponge Cake Mix. Selamat mencoba!

Beli Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *